Proyeksi Penduduk dengan Metode Komponen

Metode komponen kohor atau sering disebut metode komponen lebih dipercaya untuk digunakan pada proyeksi penduduk jangka panjang, karena metode komponen memperhitungkan perubahan-perubahan dalam komponen utama pertumbuhan penduduk (kelahiran, kematian, dan perpindahan). Menurut Adioetomo dan Samosir (2010), proyeksi penduduk pada waktu yang akan datang dalam jangka waktu yang relative pendek dapat menggunakan metode matematik maupun komponen, dan keduanya menghasilkan jumlah penduduk keseluruhan yang tidak berbeda jauh. Namun apabila proyeksi penduduk dilakukan untuk jangka waktu yang lebih panjang (lebih dari lima tahun), maka perbedaan proyeksi penduduk total antara kedua metode tersebut akan semakin berarti.

Masih menurut Adioetomo dan Samosir (2010), proyeksi penduduk dengan metode komponen dapat dilakukan dengan menggunakan dua teknik, yaitu demografi uniregional dan demografi multiregional. Metode demografi uniregional menggunakan angka migrasi bersih total tanpa memperhatikan kemana arus migrasi keluar dan darimana arus migrasi masuk di suatu daerah. Sementara itu, metode demografi multiregional memperlakukan migrasi masuk ke suatu daerah sebagai migrasi keluar dari daerah asal tertentu dan migrasi keluar dari suatu daerah sebagai migrasi masuk di daerah tertentu.

Metode komponen merupakan metode yang banyak digunakan untuk memproyeksikan jumlah penduduk . Metode ini memungkinkan penggunaan informasi statistik dari komponen perubahan penduduk. Metode ini memungkinkan untuk melakukan proyeksi menurut umur dan jenis kelamin. Penghitungan metode komponen kohor memperhitungkan jumlah dari setiap kohor di masa depan dengan memperhitungkan efek dari tingkat kelahiran, kematian, dan migrasi.

Share this article :
 

+ komentar + 1 komentar

1 September 2019 pukul 18.18

Saya ibu HERIYANTI dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 0822-9698-7979- rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar
Semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Aki dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini 😃Pesugihan Putih Tanpa Tumbal😃

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Just Share - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger